UML dan 5 Diagram Umum UML


Pengertian UML
UML (Unified Modeling Language) adalah sebuah bahasa untuk menentukan Visualisasi, Kontruksi, dan mendokumentasikan Artifact (Bagian dari informasi yang digunakan atau dihasilkan dalam suatu proses pembuatan perangkat lunak. Artifact dapat berupa model, deskripsi atau perangkat lunak) dari system perangkat lunak, seperti pada pemodelan bisnis dan system non perangkat  lunak lainya.

UML merupakan bahasa standar untuk penulisan Blueprint Software yang digunakan untuk visualisasi, spesifikasi, pembentukan dan pendokumentasian alat-alat dari sistem perangkat lunak.

Saya ingin memberitahukan 5 Jenis Diagram UML, sebenarnya sih ada 13 Jenis Diagram UML tetapi saya ingin memberitahukan Diagram Umum Dasar UML saja, kalo banyak capek ngetiknya hehehe

5 Jenis Diagram Umum Dasar UML, Yaitu :

1. Use Case Diagram
  Use Case adalah abstraksi dari interaksi antara system dan actor. Use Case bekerja dengan cara mendeskripsikan tipe interaksi antara user sebuah system dengan sistem sendiri melalui sebuah cerita bagaimana sebuah system dipakai.


Diagram Use Case berguna dalam 3 hal :

  • Menjelaskan Fasilitas yang ada (requirement)
  • Komunikasi dengan klien
  • Membuat test dari kasus-kasus secara umum
2. Activity Diagram
  Activity Diagram menyediakan analis dengan kemampuan untuk memodelkan proses dalam suatu sistem informasi. Activity Diagram dapat digunakan untuk alur kerja model, use case individual, atau logika keputusan yang terkandung dalam metode individual. Activity Diagram juga menyediakan pendekatan untuk proses pemodelan paralel.

  Pada dasarnya, Diagram Aktifitas canggih dan merupakan Diagram aliran data yang terbaru. Secara Teknis, diagram aktivitas menggabungkan ide-ide proses pemodelan dengan teknik yang berbeda termasuk model acara, statecharts, dan Perti Nets.


3. Package Diagram
  Package Diagram Utamanya digunakan untuk mengelompokkan elemen diagram UML yang berlainan secara bersama-sama kedalam tingkat pembangunan yang lebih tinggi yaitu berupa sebuah paket. Diagram paket pada dasarnya adalah diagram kelas yang hanya menampilkan paket, disamping kelas, dan hubungan ketergantungan, disamping hubungan khas yang ditampilkan pada diagram kelas

  Sebagai contoh, jika kita memiliki sistem pendaftaran untuk kantor dokter, mungkin masuk akal untuk kelompok kelas pasien dengan kelas sejarah medis pasien bersama-sama untuk membentuk paket kelas pasien.


4. Class Diagram
  Tujuan utama dari Class Diagram adalah untuk menciptakan sebuah Kosa kata yang digunakan oleh analis dan pengguna. Diagram kelas biasanya merupakan hal-hal, ide-ide atau konsep yang terkandung dalam aplikasi. misalnya, jika anda sedang membangun sebuah aplikasi pengajian, diagram kelas mungkin akan berisi kelas yang mewakili hal-hal seperti karyawan, cek, dan pendaftaran gaji.

Class memiliki 3 area pokok :
  1. Name (dan Stereotype);
  2. Attribute;
  3. Method.

5. Deployment Diagram 
  Deployment Diagram menggambarkan detail bagaimana komponen di Deploy dalam infrastruktur system, dimana komponen akan terletak (pada mesin, server atau piranti keras), bagaimana kemampuan jaringan pada lokasi tersebut, spesifikasi server, dan hal-hal lain yang bersifat fisikal


  Daah mungkin ini saja yang bisa bagian tentang UML dan 5 Jenis Diagram Umum UML, Makasih sudah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat untuk anda ^_^

http://www.tutorialumum.com/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UML dan 5 Diagram Umum UML"

Post a Comment